DJI rilis drone seri Mavic 2 di Indonesia

Jakarta (ANTARA News) – Produsen drone dan teknologi pemetaan udara, DJI meluncurkan seri drone Mavic 2 dengan dua model, Mavic 2 Pro dan Mavic 2 Zoom untuk pasar Indonesia.

“Dengan ukuran drone yang hampir sama dibandingkan seri sebelumnya, kami bisa memasukkan begitu banyak tambahan hardware, fitur dan intelligent features dapat dikemas dalam satu unit dengan ukuran drone yang kurang lebih sama,” ujar Direktur Komunikasi Global DJI Kevin On di Jakarta, Kamis (27/9).

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa seri Mavic 2 ini merupakan kolaborasi pertama antara produsen kamera Hasselblad dengan DJI.

Mavic 2 adalah drone kamera DJI paling canggih yang pernah dibuat, dirancang untuk para fotografer udara profesional dan pembuat konten.

Kendati masih mengadopsi desain drone lipat, seri Mavic 2 dengan kamera serta platform baru yang lebih kuat dilengkapi gimbal-stabilizer agar pengambilan gambar lebih stabil serta fitur-fitur canggih lainnya.
  Salah satu model drone Mavic 2 Pro dari seri terbaru Mavic 2 di Jakarta, Kamis (27/9). (Antaranews/Aji Cakti)

Bicara soal kamera, seri Mavic 2 hadir dengan kamera yang lebh keren dan superior. Mavic 2 Pro merupakan drone pertama di dunia yang dilengkapi kamera Hasselblad yang memiliki teknologi Hasselblad Natural Color Solution (HNCS), menangkap bidikan gambar 20 megapiksel dengan akurasi warna paling tinggi.

Sedangkan Mavic 2 Zoom dilengkapi sensor CMOS 1/2.3 inci dimana drone mampu mengambil lebih dekat dengan menggabungkan dua kali optical zoom yakni 24-48mm, mensimulasikan lensa telefoto 96mm yang mampu menangkap gambar dengan sempurna dalam resolusi HD penuh.

Seri Mavic 2 juga dilengkapi dua fitur canggih yang memudahkan Anda dalam menghasilkan gambar berkualitas yakni Hyperlapse dan Activetrack 2.0. 

Fitur Hyperlapse merupakan fitur yang menghasilkan hasil gambar yang menunjukkan berlalunya waktu, yang dapat Anda bagikan ke media sosial dengan cepat.

Sedangkan Activetrack 2.0 merupakan fitur sebelumnya yang telah ditingkatkan kemampuannya, memberikan kombinasi kuat dari pelacakan otonom seta kemampuan menghindari rintangan di sekitarnya.
  Salah satu model drone Mavic 2 Zoom dari seri terbaru Mavic 2 di Jakarta, Kamis (27/9). (Antaranews/Aji Cakti)

Terkhusus untuk model Mavic 2 Zoom, terdapat fitur Dolly Zoom Quickshot yang mampu menciptakan perspektif melengkung luar biasa dengan memperbesar gambar secara otomatis saat terbang menjauh dari subjeknya, menjaga subjek dengan ukuran yang tetap saat latar belakang diperlihatkan.

Untuk kemampuan terbangnya, dua model drone dari seri Mavic 2 ini dilengkapi sistem FlightAutonomy untuk penerbangan penginderaan rintangan yang lebih akurat dan lebih aman. Operasional sistem ini didukung oleh penempatan 10 sensor di semua sisi drone guna mendeteksi rintangan secara otomatis dan menghindari tabrakan saat pengambilan gambar.

Selain itu drone seri terbaru ini juga memiliki Advanced Pilot Assistance System (APAS) yang canggih, memungkinkan drone untuk menganalisis lingkungan sekitarnya dan secara otomatis terbang di sekitar rintangan tanpa henti. 

Mengenai performanya, seri Mavic 2 mampu terbang hingga kecepatan 72 km/jam, memiliki sistem pendorong yang lebih efisien dan tenang, serta mempunyai waktu penerbangan maksimum 31 menit.

Terkait kapasitas penyimpanannya, drone seri Mavic 2 memiliki kapasitas penyimpanan onboard sebesar 8GB untuk foto dan video.

Soal harga, Mavic 2 Pro dibanderol seharga Rp26.499.000 meliputi drone, remote, baterai, dan dua pasang baling-baling ditambah dengan satu pasang baling-baling cadangan.

Sedangkan Mavic 2 Zoom dihargai Rp21.999.000, sudah mencakup  drone, remote, baterai, dan dua pasang baling-baling ditambah dengan satu pasang baling-baling cadangan.

Mavic 2 Series dapat dibeli di jaringan e-commerce mulai 1 Oktober 2018. 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018