Fuji GFX 100MP, mirrorless dengan stabilisasi gambar build-in

Jakarta (ANTARA News) – Fujifilm belum lama ini memperkenalkan Fujifilm GFX 100 Megapixels, sebuah kamera mirrorless terbaru dengan sensor besar dan dilengkapi sistem stabilisasi gambar build-in, diklaim sebagai yang pertama di dunia dalam sebuah kamera digital.

Meskipun masih dalam bentuk konsep, kamera ini sedang dikembangkan sebagai tambahan baru untuk melengkapi Seri GFX, yang dikenal sebagai kamera mirrorless seri format medium yang menggabungkan sensor besar sekitar 1,7 kali dari sensor 35mm ukuran penuh (43.8mm x 32.9mm).

Konsepnya adalah untuk menciptakan model andalan Fujifilm dengan kinerja tinggi dan fitur inovatif yang sepenuhnya mampu memenuhi beragam kebutuhan baik untuk fotografer profesional maupun amatir, kata Fujifilm dalam pernyataan resminya, dikutip Kamis malam.

Kamera ini menggabungkan sensor gambar 102 juta piksel yang berukuran lebih besar dari sensor ukuran penuh 35mm, mewujudkan kualitas gambar terdepan di dunia dengan teknologi reproduksi warna milik Fujifilm.

Bersama dengan sensor gambar G Format dengan resolusi 102 juta pixels, Fujifilm juga menempatkan mesin pengolah gambar berkecepatan tinggi X-Processor 4 di dalam kamera ini.

Fujifilm mengklaim GFX 100 Megapixels sebagai kamera digital mirrorless format medium pertama di dunia yang menggabungakan piksel pendeteksian fase di seluruh sensor (rasio cakupan 100 persen), memungkinkan autofokus kecepatan dan presisi pada setiap subyek frame.

Mekanisme ini memungkinkan untuk menggunakan autofokus untuk melacak objek bergerak, yang sulit dengan sistem autofocus kontras tradisional, menghasilkan fokus otomatis yang lebih tepat dan kemampuan kinerja yang melebihi harapan konvensional untuk kamera digital format menengah.

Baca juga: Fujifilm hadirkan pre-order online instax SQUARE SQ6 rancangan Taylor Swift

Fujifilm juga menyertakan sistem stabilisasi gambar build-in (tertanam) pada kamera ini. Stabilisasi gambar bekerja dengan semua jenis lensa yang dipasangkan. Lensa akan memperluas ruang lingkup fotografi resolusi ultra tinggi dengan sensor 102 juta piksel.

Kombinasi dari sensor gambar terbaru yang dikembangkan dengan kemampuan pembacaan kecepatan tinggi dan pengolah gambar X-Processor 4 berkecepatan tinggi mampu menghasilkan video 4K (4K 30p 10bit).

Baca juga: Zaman medsos, foto cetak instan tetap diminati
    
Dengan sensor format medium yang lebih besar, kamera ini bisa menciptakan kedalaman bidang yang lebih besar untuk subjek bidang dangkal, meningkatkan reproduktifitas di berbagai nada warna, dan memberikan sensitivitas superior.

Fujifilm GFX 100 Megapixels dilengkapi pegangan lampu flash vertikal yang kuat dengan body terbuat dari magnesium alloy sehingga bobotnya lebih ringan dari kamera digital high-end bersensor 35mm.

Baca juga: Fujifilm rilis kamera mirrorless X-T3, berapa harganya?

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2018